Sepanjang zaman, manusia telah menggunakan arsitektur untuk menjembatani kesenjangan antara hambatan fisik, untuk tujuan menyediakan jalan yang mudah. Sebagian besar jembatan ini juga dianggap sebagai landmark dan merupakan bagian penting dari infrastruktur daerah di seluruh dunia. Beberapa bahkan menjadi ikon kota karena pengaruhnya dan keajaiban teknik. Berikut adalah daftar jembatan paling keren dan terkenal di dunia.
The Millau Viaduct adalah jembatan jalan raya kabel yang sangat besar yang membentang di lembah sungai Tarn dekat Millau di Prancis selatan. Ini adalah jembatan kendaraan tertinggi di dunia, dengan puncak tiang pancang tertinggi di 343 meter (1.125 kaki) - sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel. Batas kecepatan jembatan berkurang dari 130 km / jam (81 mph) menjadi 110 km / jam (68 mph) karena lalu lintas melambat, karena wisatawan memotret jembatan dari kendaraan. Tak lama setelah jembatan dibuka untuk lalu lintas, penumpang berhenti untuk mengagumi pemandangan dan jembatan itu sendiri.
2. Jembatan Golden Gate
The Millau Viaduct adalah jembatan jalan raya kabel yang sangat besar yang membentang di lembah sungai Tarn dekat Millau di Prancis selatan. Ini adalah jembatan kendaraan tertinggi di dunia, dengan puncak tiang pancang tertinggi di 343 meter (1.125 kaki) - sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel. Batas kecepatan jembatan berkurang dari 130 km / jam (81 mph) menjadi 110 km / jam (68 mph) karena lalu lintas melambat, karena wisatawan memotret jembatan dari kendaraan. Tak lama setelah jembatan dibuka untuk lalu lintas, penumpang berhenti untuk mengagumi pemandangan dan jembatan itu sendiri.
3. Jembatan Millau
The Millau Viaduct adalah jembatan jalan raya kabel yang sangat besar yang membentang di lembah sungai Tarn dekat Millau di Prancis selatan. Ini adalah jembatan kendaraan tertinggi di dunia, dengan puncak tiang pancang tertinggi di 343 meter (1.125 kaki) - sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel. Batas kecepatan jembatan berkurang dari 130 km / jam (81 mph) menjadi 110 km / jam (68 mph) karena lalu lintas melambat, karena wisatawan memotret jembatan dari kendaraan. Tak lama setelah jembatan dibuka untuk lalu lintas, penumpang berhenti untuk mengagumi pemandangan dan jembatan itu sendiri.
4. Tower Bridge
Tower Bridge adalah gabungan bascule dan jembatan gantung di London, di atas Sungai Thames. Hal ini dekat dengan Tower of London, yang memberinya nama dan telah menjadi simbol ikon London. Konstruksi dimulai pada tahun 1886 dan membutuhkan waktu delapan tahun untuk membangunnya. Jembatan terdiri dari dua menara yang diikat di tingkat atas melalui dua trotoar horizontal yang dirancang untuk menahan kekuatan bagian jembatan yang tersuspensi.
5. Jembatan Charles
Jembatan Charles yang terkenal adalah jembatan batu gothic yang melintasi sungai Vltava di Praha, Republik Ceko. Pembangunannya dimulai pada tahun 1357 di bawah naungan Raja Charles IV, dan selesai pada awal abad ke-15. Sebagai satu-satunya cara untuk menyeberangi sungai Vltava, Jembatan Charles adalah hubungan terpenting antara Kota Tua dan daerah sekitar Kastil Praha. Sambungan menjadikan Praha penting sebagai jalur perdagangan antara Eropa Timur dan Barat. Hari ini adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Praha dengan pelukis, pemilik kios dan pedagang lainnya di samping banyak turis yang melintasi jembatan.
6. Jembatan Rialto
Jembatan Rialto adalah satu dari empat jembatan yang membentang di Grand Canal di Venesia, Italia. Ini adalah jembatan tertua di kanal. Jembatan batu sekarang, satu rentang yang dirancang oleh Antonio da Ponte, selesai pada tahun 1591 dan digunakan untuk mengganti jembatan kayu yang runtuh pada tahun 1524. Rekayasa jembatan dianggap sangat berani sehingga beberapa arsitek memperkirakan keruntuhan di masa depan. Jembatan tersebut telah menantang para kritikusnya untuk menjadi salah satu ikon arsitektur Venesia.
7. Jembatan Akashi-Kaikyo
Jembatan Akashi-Kaikyo, yang juga dikenal sebagai Pearl Bridge, adalah jembatan gantung terpanjang di 1.991 meter (6.532 kaki) di dunia. Ini membentang di Selat Akashi di Jepang yang menghubungkan Kobe di daratan dan Iwaya di Pulau Awayi. Jembatan itu memakan waktu hampir 12 tahun untuk dibangun dan dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1998. Rentang pusat awalnya hanya 1.990 meter namun gempa Kobe pada tanggal 17 Januari 1995, memindahkan kedua menara tersebut sehingga harus dinaikkan 1 meter.
8. Si-o-se Pol
Si-o-se Pol (Jembatan 33 lengkungan) adalah jembatan terkenal di kota Isfahan di Iran. Hal ini sangat digolongkan sebagai salah satu contoh yang paling terkenal dari desain jembatan Safavid. Ditugaskan pada tahun 1602 oleh Shah Abbas I, jembatannya adalah bangunan dari batu bata dan batu. Panjangnya 295 meter dan lebar 13,75 meter. Dikatakan bahwa jembatan awalnya terdiri dari 40 lengkungan namun jumlah ini berangsur-angsur berkurang menjadi 33.
9. Stari Most
Stari Most ("Jembatan Tua") adalah jembatan terkenal yang melintasi sungai Neretva di kota Mostar di Bosnia dan Herzegovina. Dibangun oleh Ottoman pada tahun 1566 dan berdiri selama 427 tahun, sampai jembatan tersebut hancur pada tahun 1993 selama Perang Bosnia. Selanjutnya, sebuah proyek dipasang untuk membangunnya kembali, dan jembatan baru dibuka pada tahun 2004. Adalah tradisional bagi para pemuda kota untuk melompat dari jembatan ke Neretva. Karena sungai sangat dingin, ini adalah prestasi yang sangat berisiko dan hanya penyelam yang paling terampil dan terlatih yang terbaik yang akan mencobanya.
10. Sydney Harbour Bridge
Sydney Harbour Bridge adalah salah satu landmark paling terkenal di Australia dan difoto. Ini adalah jembatan lengkung baja terbesar di dunia (tapi bukan yang terpanjang) dengan bagian atas jembatan yang berdiri 134 meter (440 kaki) di atas Pelabuhan Sydney. Butuh waktu delapan tahun untuk membangun dan membuka pada bulan Maret 1932. Karena baja mengembang atau berkontraksi tergantung pada apakah panas atau dingin jembatannya tidak seluruhnya diam dan bisa naik atau turun hingga 18 cm (7,1 inci).
11. Jembatan Alcántara
Menyeberangi Sungai Tagus di Alcántara di Spanyol, Jembatan Alcántara adalah mahakarya bangunan jembatan Romawi kuno. Jembatan itu dibangun antara 104 dan 106 oleh perintah Kaisar Romawi Trajan pada tahun 98 M, yang dihormati oleh sebuah lengkungan kemenangan di tengah jembatan dan sebuah kuil kecil di salah satu ujungnya. Jembatan Alcántara telah mengambil lebih banyak kerusakan dari perang daripada dari unsur-unsurnya. Orang Moor menghancurkan lengkungan terkecil di satu sisi sementara lengkungan kedua di sisi lain dihancurkan oleh orang Spanyol untuk menghentikan Portugis.
12. Jembatan Brooklyn
Selesai pada tahun 1883, Jembatan Brooklyn menghubungkan Manhattan dan Brooklyn dengan membentang di East River. Pada saat dibuka, dan selama beberapa tahun, itu adalah jembatan gantung terpanjang di dunia dan telah menjadi tengara terkenal dan ikon New York. Jembatan ini memiliki jalan pejalan kaki yang lebar yang terbuka untuk pejalan kaki dan pesepeda. Jalan setapak ini sangat penting pada saat-saat sulit ketika sarana menyeberangi East River menjadi tidak tersedia seperti yang terjadi selama beberapa pemadaman dan paling terkenal setelah serangan 11 September 2001.
13. Jembatan Chengyang
Jembatan Chengyang (juga dikenal sebagai Jembatan Angin dan Hujan) dibangun pada tahun 1916, dan ini adalah yang paling terkenal di antara jembatan angin dan hujan di Wilayah Minoritas Dong di China. Jembatan membentang melintasi Sungai Linxi dan masih dalam penggunaan berat. Ini terbuat dari kayu dan batu tanpa paku atau paku keling dan merupakan jembatan penghalang angin dan hujan terbesar. Panjangnya 64,4 meter, lebar 3,4 meter dan tinggi 10,6 meter.
14. Jembatan Kapel
Jembatan Kapel adalah jembatan sepanjang 204 meter (670 kaki) yang melintasi Sungai Reuss di kota Lucerne di Swiss. Ini adalah jembatan tertutup kayu tertua di Eropa, dan salah satu tempat wisata utama di Swiss. Jembatan yang tertutup, dibangun pada tahun 1333, dirancang untuk membantu melindungi kota Lucerne dari serangan. Di dalam jembatan ada serangkaian lukisan dari abad ke-17, yang menggambarkan kejadian dari sejarah Luzerne. Sebagian besar jembatan, dan sebagian besar lukisan ini, hancur pada api tahun 1993, meski dengan cepat dibangun kembali.
15. Great Belt Bridge
Jembatan Great Belt sebenarnya adalah dua jembatan - bagian Timur dan Barat, terbelah oleh pulau kecil Sprogø. East Bridge, sebuah jembatan gantung sepanjang 1.624 meter (5.328 kaki) melintasi bagian terdalam Storebælt antara pulau Zealand dan Sprogø. Ini memiliki rentang utama terpanjang ketiga di dunia. Pada ketinggian 254 meter (833 kaki) di atas permukaan laut, dua tiang jembatan East Bridge adalah titik tertinggi di Denmark. Jembatan Barat adalah jembatan rel dan jalan sepanjang 6.611 meter (21,689 kaki) antara Sprogø dan Funen.